Selasa, 15 Januari 2013

BLH Oh BLH.... (EGC Go Public)

Assalamu'alaikum....

Salam lestari sobat EGC sekalian,,,,
Moga sehat selalu dan makin cinta dengan lingkungan sekitar.... 

BLH,, hayo ditebak singkatan dari apa??? Silahkan dijawab. Yup, betul dan tepat sekali, 
Badan Lingkungan Hidup...!!! Dari namanya saja kita sudah dapat menebak bahwasanya lembaga yag berada dibawah naungan pemerintah ini bergerak dibidang pengelolaan lingkungan hidup. Pokoke intinya lingkungan hidup.

Hmmm,,, kali ini admin bukan untuk mengupas tuntas tentang BLH. Tapi tentang TB alias taruna Bhakti yang telah membuat sejarah di BLH. Heheh,, lebay dikit ah. Tapi ini serius loh. 

Tepatnya awal bulan November 2012 lalu, SMK Taruna Bhakti mendapatkan undangan dari BLH  tentang pengadaan kompetisi  teknologi berwawasan lingkungan. Nah disitulah awal mula jejak EGC membuat sejarah. Dengan modal niat dan tekad TB yang diwakilkan lewat EGC memberanikan diri untuk ikut serta  dalam kompetisi tersebut. Bukannya bermaksud untuk belagu, tapi hanya ingin menunjukkan bahwa EGC itu benar-benar ada, (lho..?? sama aja ya??). Intinya adalah, kami hanya ingin mencoba dan mencari banyak pengalaman karena kami tahu, EGC merupakan club yang masih hijau da miskin pengalaman. Karena itu, kompetisi ini adalah salah satu jalan EGC tuk mengambil pengalaman sebanyak-banyaknya.

Ngomongin soal kompetisi, EGC hanya membuat sesuatu yang sangat dan teramat sederhana, yaitu kami beri nama "PolytransGreen", pot dwiguna dan multifungsi. PolytransGreen dibuat dari gelas plastik bekas air mineral yang merupakan limbah atau sampah padat terbesar yang ada di TB. So, dalam rangka mengurangi (reduce) jumlah sampah yang ada, kami buatlah menjadi sesuatu yang lebih berguna (recycle). 

Berikut jejak yang kami buat dalam rangka mensukseskan kompetisi yakni pembuatan PolytransGreen, tepatnya pada hari Kamis, 15 November 2012. Bertepatan dengan tahun baru islam 1 Muharram yang menambah berkah proses pembuatan produk. aamiin.

 




tahap pencucian gelas plastik agar steril (bebas kuman)




tahap pemotongan gelas plastik menjadi lembaran-lembaran yang kemudian direkatkan menjadi persegi panjang


Lembaran-lembara plastik yang sudah dibentuk pot siap untuk dimasukkan tanah dan ditanam pohon.





Pot PolytransGreen sudah jadi.









Hingga hari itu pun tiba. Yakni hari kedatangan tim juri ke TB. Setelah berkali-kali terjadi pembatalan dan penundaan. Pada hari Selasa, 18 Desember jam 4 sore tim juri yang berjumlah 6 orang tiba di TB. Juri yang berasal dari BLH sendiri, praktisi lingkungan, dan para penggiat bank sampah yang juga seorang pengusaha. Sayangnya peserta lomba yang mewakili EGC tidak ada ditempat, walhasil diwakili oleh 2 orang anggota EGC dari kelas XI. 





Alhamdulillah, walau terasa banyak yang kurang. Presentasi produk dapat berjalan lancar. Oleh-oleh pun kami berikan kepada tim juri berupa boneka ondel-ondel dan boneka jepang yang dibuat dalam acara pelatihan EGC. Boneka yang dibuat dari limbah, khususnya limbah gelas plastik.  

Mungkin hanya boneka. Boneka yang nantinya akan menjadi penghias di meja kerja tim juri sehari-hari. Hingga tanya menumukan jawabnya.
 "wah, boneka dari mana nih.."
"ituuu,, oleh-oleh dari SMK TARUNA BHAKTI saat survei lomba..."
............................................

^______^

salam lestari...

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar