Minggu, 07 Oktober 2012

EGC - Jum'at, 5/10/12 "Ini Aksiku, Mana Aksimu"

Assalamu'alaikum...

Salam lestari....

Semangat go green di minggu menggebu...

Agenda kumpul rutin kemarin, Jum'at, 5 Oktober 2012 adalah:

1. Penghijauan
EGC bersama tim sibuk melakukan penghijauan. Mulai dari mengecek tanaman gantung yang ada dilantai2 dan 3, mengkarantina tanaman yang layu dan mati, menggganti pot tanaman yang rusak, melakukan pembibitan untuk tanaman-tanamn tertentu seperti pohon palem, pucuk merah dan euphorbia. Hingga menata kembali landscape tanaman yang ada di kantin dan sisi samping lapangan futsal.

Ada sekitar 30 pot yang kami isi dengan tanaman baru guna menghijauan Taruna Bhakti. Dan ada pula sekitar 6 sampai 8 tanaman yang kami karantina dari lantai atas akibat kekurangan air dan jenis media tanam yang tidak mendukung.  Luar biasanya, bukan hanya EGC yang melakukan kegiatan ini. Ada kelas 3 dan bebarapa anak di luar EGC yang turut membantu karena lagi-lagi EGc bukanlah club yang eksklusif melainkan club yang terbuka untuk siapa pun yang ingin bergabung dan membantu. :)


2. Pengomposan
Selain melakukan penghijauan, EGC juga belajar membuat kompos. Memanfaatkan sampah organik yang ada di sekeliling SMK Taruna Bhakti. Tak ayal pula, EGC melakukan grebek bersih 'greenland', alias halaman depan SMK Taruna Bhakti yang kami jadikan sebagai tempat laboratorium, bengkel atau basecamp EGC. Walhasil, terkumpullah sampah organik se-tong sampah. Ada pun bahan yang EGC gunakan untuk membuat kompos sangat simple dan sederhana. EGC menggunakan EM4 sebagai bakteri pengurai juga gula pasir sebagai media agar bakteri dapat bekerja secara optimal.

Demikian, kegiatan yang EGC lakukan selama lebih dari 3 jam. Hal itu EGC lakukan semata-mata untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, hijau dan asri. Dan satu hal yang selalu EGC ingat. Bukan untuk pujian ataupun penghargaan kami berbuat. Yang EGC yakini, akan ada kebaikan lain jika kami senantiasa berbuat baik. Kepada alam sekalipun.

Salam konservasi.... :)

Nantikan kegiatan EGC di pekan-pekan berikutnya...
masukan dan saran selalu RGC terima dengan hati terbuka...

"INI AKSIKU, MANA AKSIMU"...

#GreenschoolTB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar